Menu
Informasi Wisata Domestik dan Internasional

Malam Ini Fenomena Blue Moon akan Menghiasi Langit Indonesia

  • Share
Fenomena Blue Moon
Fenomena Blue Moon

Tidak Benar-benar Biru

alam yang akan terjadi pada hari minggu nanti gak akan memperlihatkan Bulan yang memancarkan sinar berwarna kebiruan. Dilansir dari Space, ada di masa lalu, ada keadaan atmosfer yang benar-benar ga biasa, menyebabkan bulan dan matahari tampak kebiruan.

Hal itu disebabkan oleh aerosol antropogenik yang disuntikkan ke atmosfer seperti abu dan debu vulkanik setelah letusan gunung Krakatau pada Agustus 1883, atau asap akibat kebakaran hutan di Kanada bagian barat pada September 1950.

Karena hal hal yang demikian, penutur cerita rakyat berkebangsaan Kanada, Philip Hiscock, mengusulkan bahwa penyebutan “Bulan Biru” bermakna bahwa ada hal yang ganjil dan tak akan pernah terjadi.

Kali ini ngga ada hal seperti demikian, jadi purnama yang akan disaksikan pada akhir pekan ini akan terlihat seperti biasanya.

Sangat Langka

Bulan Biru Musiman terjadi sedikit lebih jarang daripada Bulan Biru bulanan, dalam 1100 tahun antara 1550 dan 2650, hanya ada 408 Bulan Biru Musiman sedangkan Bulan Biru Bulanan ada 456.

Dengan demikian, Bulan Biru, baik Musiman atau Bulanan hanya terjadi kira-kira setiap dua atau tiga tahun.

Sedangkan untuk Bulan Biru, yang benar-benar memancarkan cahaya biru, kemunculannya sangatlah langka.

Tidak ada hubungannya dengan kalender, fase Bulan atau jatuhnya musim, melainkan akibat dari kondisi atmosfer. Hanya abu vulkanik, droplet ada di udara, atau variasi awan tertentu dapat menyebabkan Bulan Purnama tampak kebiruan.

  • Share